10 Alat Command Line Keren Untuk Terminal Linux Anda

Pada artikel ini, kami akan membagikan sejumlah program baris perintah keren yang dapat Anda gunakan di terminal Linux. Di akhir artikel ini, Anda akan belajar tentang beberapa alat berbasis teks yang gratis, open source, dan menarik untuk membantu Anda melakukan lebih banyak hal dengan kebosanan di Command line.

1. Wikit

Wikit adalah utilitas baris perintah untuk mencari Wikipedia di Linux. Ini pada dasarnya menampilkan ringkasan Wikipedia. Setelah Anda menginstalnya, cukup berikan istilah pencarian sebagai argumen (misalnya wikit linux ).

Tampilan Baris Perintah Wikipedia
Tampilan Baris Perintah Wikipedia

2. Googler

Googler adalah alat baris perintah berbasis Python berfitur lengkap untuk mengakses Google (Web & Berita) dan Google Penelusuran Situs dalam terminal Linux. Ini cepat dan bersih dengan warna khusus dan tidak ada iklan, URL yang tersesat atau kekacauan yang disertakan. Ini mendukung navigasi halaman hasil pencarian dari omniprompt.

Selain itu, ini mendukung pengambilan jumlah hasil sekaligus, pengguna dapat mulai dari hasil ke-n, dan mendukung pembatasan pencarian berdasarkan atribut seperti durasi, pencarian spesifik negara / domain (default: .com), preferensi bahasa.

Pencarian Google dari Terminal Linux
Pencarian Google dari Terminal Linux

3. Browsh

Browsh adalah peramban kecil berbasis teks modern yang memutar video dan merender apa pun yang dapat dilakukan peramban modern, dalam lingkungan terminal TTY.

Ini mendukung HTML5, CSS3, JS, video serta WebGL. Ini adalah penghemat bandwidth, dirancang untuk berjalan di server jarak jauh dan diakses melalui SSH / Mosh atau layanan HTML dalam browser untuk mengurangi bandwidth secara signifikan.

Ini praktis berguna ketika Anda tidak memiliki koneksi Internet yang baik.

Browsh Penjelajahan Web
Browsh Penjelajahan Web

4. Lolcat

Lolcat adalah program baris perintah untuk menampilkan warna pelangi di terminal Linux. Ini menggabungkan output dari sebuah perintah dengan cara yang mirip seperti cat command dan menambahkan pewarnaan pelangi ke hasil akhir.

Untuk menggunakan lolcat , cukup sambungkan output dari perintah apa pun ke lolcat.

Cowsay dengan Lolcat
Cowsay dengan Lolcat

5. Boxes

Boxes adalah program dan filter teks yang dapat dikonfigurasi yang dapat menggambar kotak seni ASCII di sekitar teks inputnya di terminal Linux. Muncul dengan sejumlah desain kotak yang telah dikonfigurasi sebelumnya dalam contoh file konfigurasi. Muncul dengan beberapa opsi baris perintah dan mendukung penggantian ekspresi reguler pada teks input.

Anda dapat menggunakannya untuk: menggambar kotak dan bentuk seni ASCII, membuat komentar regional dalam kode sumber dan banyak lagi.

Kotak - Gambar Seni ASCII di Terminal
Kotak – Gambar Seni ASCII di Terminal

6. Figlet dan Toilet

FIGlet adalah utilitas baris perintah yang berguna untuk membuat spanduk teks ASCII atau huruf besar dari teks biasa. Toilet adalah sub-perintah di bawah figlet untuk membuat karakter besar berwarna-warni dari teks biasa.

Figlet - Buat Spanduk Teks ASCII di Terminal
Figlet – Buat Spanduk Teks ASCII di Terminal

7. Trash-cli

Trash-cli adalah program yang membuang file yang merekam jalur asli, tanggal penghapusan, dan izin. Ini adalah antarmuka ke tempat sampah freedesktop.org.

Kelola 'Sampah' dari Baris Perintah Linux
Kelola ‘Sampah’ dari Baris Perintah Linux
Trash-cli - Alat Tempat Sampah
Trash-cli – Alat Tempat Sampah

8. No More Secrets

No More Secrets adalah program berbasis teks yang membuat ulang efek dekripsi data terkenal yang terlihat di film Sneakers 1992. Ini menyediakan utilitas baris perintah yang disebut nms , yang dapat Anda gunakan dengan cara yang mirip seperti lolcat – cukup pipa keluar dari perintah lain ke nms , dan lihat keajaibannya.

Tidak Ada Lagi Rahasia - Menciptakan Efek Dekripsi Data
Tidak Ada Lagi Rahasia – Menciptakan Efek Dekripsi Data

9. Chafa

Chafa adalah program terminal keren, cepat, dan sangat dapat dikonfigurasi yang menyediakan grafik terminal untuk abad ke-21.

Ia bekerja dengan sebagian besar terminal dan emulator terminal modern dan klasik . Ini mengubah semua jenis gambar (termasuk GIF animasi), menjadi keluaran karakter ANSI / Unicode yang dapat ditampilkan di terminal.

Chafa mendukung transparansi alfa dan beberapa mode warna (termasuk Truecolor, 256-warna, 16-warna dan FG / BG sederhana.) Dan ruang warna, menggabungkan rentang karakter Unicode yang dapat dipilih untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.

Sangat cocok untuk grafik terminal, komposisi seni ANSI, bahkan cetakan hitam putih.

Chafa - Mengubah ke Karakter Unicode ANSI
Chafa – Mengubah ke Karakter Unicode ANSI

10. CMatrix

CMatrix adalah utilitas baris perintah sederhana yang menunjukkan layar seperti ‘ Matrix ‘ yang bergulir di terminal Linux.

Ini menampilkan teks acak yang terbang masuk dan keluar di terminal, dengan cara yang sama seperti yang terlihat di film Sci-fi populer ” The Matrix “. Itu dapat menggulir garis semua dengan kecepatan yang sama atau asynchronous dan pada kecepatan yang ditentukan pengguna. Satu kelemahan dari Cmatrix adalah sangat intensif menggunakan CPU.

Matriks di Terminal Linux
Matriks di Terminal Linux

Di sini Anda telah melihat beberapa command line yang keren, Apa saja tools atau utilitas command line keren yang Anda gunakan di terminal? Beri tahu kami melalui kolom komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *