Distro Linux Untuk Anak

Linux merupakan sistem operasi yang sangat fleksibel. Anda dapat mengembangkan dari berbagai macam distro, bahkan membuat distro versi Anda sendiri. Hal inilah yang menjadi kelebihan Linux yang menurut saya belum dapat disaingi oleh sistem operasi lain.

Saking mudahnya pengguna untuk mengkustomisasi distro. Ada komunitas yang mengembangkan distro yang target penggunanya adalah anak-anak. Beberapa distro ini didesain untuk anak-anak yang ingin berinteraksi dengan teknologi informasi. Kebanyakan distro Linux untuk anak ini dikembangkan dari distro-distro yang sudah ada.

1. Edubuntu

Distro Linux Terbaik

Edubuntu merupakan distro versi pendidikan dari Ubuntu. Distro ini tentu saja gratis. Distro inilah adalah hasil kerjasama antara para guru dan pendidik. Canonical mengembangkan distro versi pendidikan yang mudah digunakan oleh anak-anak. Mereka mengembankan distro ini supaya dapat dengan mudah mengajarkan teknologi kepada anak-anak di sekolah dan khususnya di rumah. Edubuntu sangat mudah diajarkan dan dipelajari.

Meskipun Edubuntu tidak terlalu banyak dikenal, inilah contoh komunitas yang cukup peduli terhadap dunia pendidikan. Apalagi komunitas ini terdiri dari kumpulan murid, guru, para orang tua, bahkan seorang hacker yang mempercayai bahwa belajar dan pengetahuan harus dapat diakses oleh siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan mereka di seluruh dunia.

2. Sugar On A Stick-SOAS

Distro Linux Terbaik

Sugar merupakan salah satu Linux yang terbaik untuk anak. Distro Linux berasal dari pengembangan Fedora. Fakta yang paling menarik adalah Anda dapat menggunakan distro ini sebagai desktop environment di pc dan juga dapat mengunduhnya untuk dipasang di USB.

Itulah yang menjadi alasan kenapa Sugar lebih terkenal dengan nama Sugar On A Stick (SOAS). SOAS merupakan sistem operasi yang dapat berjalan dengan Live USB dari Fedora. Anda bisa menggunakan distro ini untuk mengajarkan anak-anak mengenai teknologi informasi khususnya Linux itu sendiri.

Bagi Anda yang bekerja sebagai guru atau pengajar di sekolah dasar, distro ini wajib Anda coba untuk mendukung proses belajar mengajar. Selain itu, Anda bisa mengenalkan teknologi kepada murid-murid secara langsung dengan mudah.

3. Debian Edu / Skolelinux

Manuel de Debian Edu/Skolelinux Jessie 8+edu0

Anda juga dapat menginstall Skolelinux atau DebianEdu sebagai Linux terbaik untuk anak-anak. Hal pertama yang perlu Anda ketahui, DebianEdu dan Skolelinux merupakan dua sistem operasi yang berbeda yang dikembankan untuk anak. Hanya saja DebianEdu dan Skolelinux merupakan distro yang dikembangkan untuk anak-anak.

Kedua distro tersebut berasal dari pengembangan Debian. Nama Skolelinux sendiri berasal dari bahasa Norwegia ‘Skole’ yang berarti ‘sekolah’. Pengembangan distro ini memang untuk sekolah sehingga guru atau pengajar dapat mengajari murid-muridnya dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *