Distro Linux Terbaik Untuk Server

1. CentOS

Distro Linux Terbaik

CentOS merupakan distro open source yang berkembang dari komunitas penggiat Linux yang mengagumi OS Red Hat. Distro ini merupakan turunan atau versi lain dari distro berbayar OS Red Hat Enterprise Linux. Saat ini sudah ada CentOS 7 yang proses dukungannya sampai akhir tahun 2020 dengan pembaruan maintenance sampai dengan Juni 2024. Hal ini berarti sampai dengan tahun 2024 CentOS mendukung proses perbaikan permasalahan dan upgrade server ke depan.

Anda dapat membuang paket yang tidak diperlukan dengan menginstall minimal ISO dari Website CentOS, yang mana dengan 906MB Anda dapat menampungnya di 90 menit CD-R.

Ketika Anda mencoba menggunakan distro ini, terdapat Docker images yang langsung dapat Anda konfigurasi langsung di dalamnya.

2. Fedora Server

Distro Linux Terbaik

Fedora merupakan distro Linux pengembangan dari Red Hat. Fedora server memungkinkan Anda untuk mengembangkan dan mengelola server menggunakan tool Rolekit. Sistem operasi ini juga didukung dengan PostgreSQL Database Server.

Fedora Server juga mempunyai FreeIPA, memungkinkan Anda untuk mengelola proses otentifikasi yang penting, mengakses informasi, dan melakukan audit melalui satu lokasi sentral.

File Fedora Server berukuran sekitar 2,7 GB dan Anda juga dapat mengunduh Netinstall Image yang berukuran 385MB.   

3. Ubuntu Server

Distro Linux Terbaik

Pada bagian awal, kami sudah sedikit membahas mengenai Ubuntu untuk desktop. Di samping populer sebagai distro desktop, Ubuntu juga terkenal sebagai distro yang cukup kompetitif sebagai server.

Canonical, perusahaan pengembang Ubuntu sudah mengembangkan versi Ubuntu Server yang Long Time Support (LTS), sama seperti versi Ubuntu Desktop. Versi LTS mendukung sampai dengan lima tahun setelah rilis –waktu yang cukup panjang. Lama waktu dukungan ini membuat Anda lebih mudah menangani berbagai permasalahan server yang berulang. Canonical juga mengumumkan rilis Ubuntu Server sama dengan versi Ubuntu Desktop.

Saya menyarankan menggunakan Ubuntu bagi Anda yang masih baru dan ingin mencoba menggunakan Linux untuk server. Komunitas Ubuntu sudah cukup banyak di internet dan sudah banyak sekali topik yang dibahas. Jadi saat menemukan masalah pada saat proses pengembangan, Anda dapat dengan mencari solusinya di forum online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *