Distro Linux Terbaik Untuk Gaming

Dulunya Linux terkenal tidak dapat menjalankan game yang dapat dijalankan di Windows dan Mac. Namun, sekarang semua itu dijawab Linux dengan dukungan untuk menjalankan game ringan sampai dengan yang berat sekalipun.

Meskipun hampir semua Linux mendukung untuk menjalankan games, tapi ada beberapa distro Linux yang didesain khusus untuk bermain games. Beberapa distro ini dimaksimalkan untuk menjalankan games. Karena berguna untuk bermain games, tentu saja beberapa distro ini mempunyai syarat minimal hardware yang harus dipenuhi.

1. Steam OS

Distro Linux Terbaik

Steam OS merupakan distro untuk games yang cukup populer dibandingkan dengan distro games lainnya. Distro ini dikembangkan oleh Valve Corp –creator dari Steam. Jadi distro ini memang didesain untuk dapat menjalankan beberapa games yang ada di aplikasi Steam.

Distro ini merupakan pengembangan dari Debian 8 (Jessie). Secara default, Desktop Environment (DE) yang digunakan adalah GNOME. Walaupun menggunakan GNOME, ada beberapa optimasi yang dilakukan seperti memudahkan akses menggunakan joystick dan keyboard.

Steam OS mendukung beberapa varian graphics cards, joystick/gamepads. Jika pada suatu kasus, driver untuk hardware tersebut tidak tersedia, Anda dapat menginstalnya secara manual.

Sedangkan untuk kebutuhan hardware, Steam OS membutuhkan hardware yang cukup tinggi seperti prosesor Intel atau AMD 64-bit, RAM 4GB atau lebih, penyimpanan 200GB atau lebih, video card NVIDIA/AMD (RADEON 8500 dan setelahnya) atau Intel, dan UEFI Firmware.

Kemudian kelebihan Steam OS antara lain:

  • User interface yang fleksibel.
  • Mendukung berbagai macam graphics card.
  • Kompatibel dengan berbagai tipe Joystick/gamepads.
  • Mempunyai koleksi games yang cukup banyak.

Walaupun begitu ada juga kekurangannya. Membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi. Hanya games steam yang tersedia out-of-box.

2. Linux Console

Distro Linux Terbaik

Linux Console merupakan distro Linux yang cukup ringan untuk bermain game console dan server untuk bermain game. Distro ini mendukung beberapa games yang cukup menarik seperti Hedgewars dan Pinball.

Anda juga dapat menginstall game seperti Cuphead dengan mengikuti panduan instalasi di website. Proses instalasi Linux Console dapat Anda lakukan menggunakan Live USB Stick atau menggunakan VMware/VirtualBox.

Linux Console mempunyai beberapa kelebihan, seperti tampilan dan isi aplikasi yang cocok untuk anak-anak dan masih terus dikembangkan. Selain itu, distro ini juga mendukung beberapa program untuk mengolah data, aplikasi desain, emulator, dan masih banyak lainnya. Sayangnya,  distro ini tidak cocok untuk memainkan game berat. Jika Anda ingin memainkan game berat lebih baik menggunakan Steam OS.

3. Batocera linux

Distro Linux Terbaik

Batocera.linux merupakan distro Linux yang cukup mengesankan untuk bermain game retro. Anda dapat bermain game retro yang berasal dari Atari, Super Nitendo, Dreamcast, dan beberapa GameBoyAdvance serta masih banyak lainnya.

Anda tidak perlu untuk menginstall sistem operasi dengan mempartisi hard disk di dalamnya. Anda hanya perlu sebuah USB dan menjalankan proses booting langsung dari USB untuk memainkan game. Batocera.linux juga menyertakan integrasi Kodia Media Center sehingga Anda bisa berganti menonton film ketika bosan bermain game.

Ada beberapa kelebihan dari distro ini:

  • Mendukung grafis Nvidia, tapi Anda harus mengaktifkannya dengan mengikuti panduan yang berada di forum online.
  • Tidak membutuhkan modifikasi hard disk.
  • Mendukung Raspberry dan Odroids

Kemudian untuk kekurangannya sendiri, distro ini hanya dapat digunakan untuk bermain game retro saja. Sedangkan ketika berjalan di Raspberry dan Odroid hanya mendukung beberapa perangkat lunak. Namun bagi Anda yang ingin iseng-iseng atau pecinta game retro, sangat disarankan untuk mencoba menggunakan distro ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *